BENTUK MOLEKUL

14 08 2010

1. Teori Domain Elektron (TDE)

  • Bentuk molekul tergantung pada susunan ruang pasangan elektron ikatan (PEI
    dan pasangan elektron bebas (PEB) atom pusat dalam molekul. Dapat dijelaskan
    dengan teori tolakan pasangan elektron kulit valensi atau teori VSEPR (Valence
    Shell Electron Pair Repultion)
  • Molekul kovalen terdapat pasangan-pasangan elektron baik PEI maupun PEB.
    Karena pasangan-pasangan elektron mempunyai muatan sejenis, maka tolak-
    menolak antarpasangan elektron. Tolakan (PEB – PEB) > tolakan (PEB – PEI) >
    tolakan (PEI – PEI)
  • Adanya gaya tolak-menolak menyebabkan atom-atom yang berikatan
    membentuk struktur ruang yang tertentu dari suatu molekul dengan demikian
    bentuk molekul dipengaruhi oleh banyaknya PEI maupun PEB yang dimiliki pada
    atom pusat.
  • Bentuk molekul ditentukan oleh pasangan elektron ikatannya
    Contoh molekul CH4 memiliki 4 PEI

2. Rumus Tipe Molekul

1)          Atom pusat dilambangkan dengan A

2)          Domain elektron ikatan dilambangkan dengan X

3)          Domain elektron bebas dinyatakan dengan E

Tabel Bentuk Molekul Berdasarkan PEI dan PEB

Jumlah Pasangan Elektron Ikatan (X) Jumlah Pasangan Elektron Bebas (E) Rumus (AXnEm) Bentuk Molekul Contoh
2 0 AX2 Linear CO2

3

0 AX3 Trigonal planar BCl3
2 1 AX2E Bengkok SO2
4 0 AX4 Tetrahedron CH4
3 1 AX3E Piramida trigonal NH3
2 2 AX2E2 Planar bentuk V H2O
5 0 AX5 Bipiramida trigonal PCl5
4 1 AX4E Bipiramida trigonal SF4
3 2 AX3E2 Planar bentuk T IF3
2 3 AX2E3 Linear XeF2
6 0 AX6 Oktahedron SF6
5 1 AX5E Piramida sisiempat IF5
4 2 AX4E2 Sisiempat datar XeF4

Dengan menggunakan teori VSEPR maka kita dapat meramalkan bentuk geometri suatu molekul. Dalam artikel ini maka akan di contohkan menentukan bentuk geometri molekul XeF2, XeF4, dan XeF6.

Diantara molekul-molekul tersebut ada yang memiliki pasangan elektron bebas dan ada yang tidak, jadi molekul-molekul tersebut adalah contoh yang bagus untuk lebih memahami teori VSEPR.

Pertama kita harus mementukan struktur lewis masing-masing molekul. Xe memiliki jumlah elektron valensi 8 sedangkan F elektron valensinya adalah 7. (lihat gambar dibawah)

Struktur Lewis XeF2 seperti gambar sebelah kiri, dua elektron Xe masing-masing diapakai untuk berikatan secara kovalen dengan 2 atom F sehingga meninggalkan 3 pasangan elektron bebas pada atom pusat Xe. Hal yang sama terjadi pada molekul XeF4 dimana 4 elektron Xe dipakai untuk berikatan dengan 4 elektron dari 4 atom F, sehingga meninggalkan 2 pasangan elektron bebas pada atom pusat Xe.

Lihat gambar disamping –> XeF2 memiliki 2 pasangan elekktron terikat (PET) dan 3 pasangan elektron bebas (PEB) jadi total ada 5 pasangan elektron yang terdapat pada XeF2, hal ini menandakan bahwa geometri molekul atau kerangka dasar molekul XeF2 adalah trigonal bipiramid. Karena terdapat 3 PEB maka PEB ini masing masing akan menempati posisi ekuatorial pada kerangka trigonal bipiramid, sedangkan PET akan menempati posisi aksial yaitu pada bagian atas dan bawah.

Posisi inilah posisi yang stabil apabila terdapat atom dengan 2 PET dan 3 PEB sehingga menghasilkan bentuk molekul linear. Jadi bentul molekul XeF2 adalah linier. (lihat gambar disebelah ini).

Pada gambar disamping –> strutur lewis XeF4 memiliki 4 pasangan elekktron terikat (PET) dan 2 pasangan elektron bebas (PEB) jadi total ada 6 pasangan elektron yang terdapat pada XeF4, hal ini menandakan bahwa geometri molekul atau kerangka dasar molekul XeF4 adalah oktahedral. Karena terdapat 2 PEB maka PEB ini masing masing akan menempati posisi aksial pada kerangka oktahedral, sedangkan PET akan menempati posisi ekuatorial. Posisi inilah posisi yang stabil apabila terdapat atom dengan 4 PET dan 2 PEB sehingga menghasilkan bentuk molekul yang disebut segiempat planar. Jadi bentul molekul XeF2 adalah segiempat planar. Bentuk molekul akan sama dengan susunan ruang elektron yang ada pada atom pusat jika tidak pasangan elektron bebas.

Perhatikan Gambar Bentuk Molekul di bawah ini !

X = atom pusat

E = pasangan elektron bebas



Iklan

Aksi

Information

24 responses

12 09 2013
Didi Smart Compa VI

thanks a lot, penjelasanx mudah dimengerti

2 09 2013
ali

Thanks yaa 😉

2 09 2013
siti nurjanah

lumayan susah…

20 08 2013
Or0ngbalu

memang cukup sulit sih tapi saya suka karena banyak membantu saya

18 08 2013
leni

thanks 🙂

18 08 2013
leni

thanks pak, tugasku jadi selesai deh 🙂

16 08 2013
Eva

Pak,boleh berikan 1 contoh atau 2 contoh lagi supaya lebih mudah dimengerti,thankssss 😀

1 06 2013
lesprivat sp

artikelnya sangat bermanfaat sekali pak

2 03 2013
30 09 2012
gesang

pak bagaimana pembuktiannya jika O3 berbentuk segitiga datar

30 08 2012
Axl Mait

bgmn dgn hibidisasinya?

21 08 2012
Khoirunnisa Hidayah

kalau cara buat bentuk” molekulny agimana?? (kayak replika)
mohon bantuanya…

17 07 2012
Andini Diny

lumayan pusing mempelajari nya tp,,,,,mau gmana lg,,,,kan dah tugasny

1 03 2012
Daiff

gmna cie bwt sperti itu??

29 11 2011
Windu

Makasih banget nih ilmu’a

30 09 2011
Saumi Amrani

Makasih banyak pak..
Materi ini sungguh membantu saya dalam belajar kimia.

22 09 2011
Fadel

Makaasih banyak pak. Semoga blog ini dapat semakin maju dengan artikel- artikel kimianya yang mudah dipahami

18 09 2011
Kananda Agustina

terima kasih banyak atas informasinya tentang bentuk molekul, ini sangat membantu saya..

17 09 2011
Mentari Seprolita

terimaksih atas info nya tentang bentuk – bentuk molukel materi nya lengkap sekali. 🙂 tapi pada materi ini saya kurang mengerti 🙂

14 09 2011
Kania

tetap ga ngerti. guru saya disekolah ga enak cara ngajrnya. tapi baca disini juga ga ngerti ada cara cepat?

11 08 2012
Farosya

karena memang pentium 1 banyak virus lagi,walaupun dijelaskan kayak apa tetap nggak ngerti

20 11 2013
rino

eap tuh virusnya banyak.,.,.,. pentium 1.,., hua ha ha ha ha

13 03 2011
risang

makasih banyak..,,,,,, 😀

20 03 2011
esdipangganti

trimakasih juga atas kunjungannya Risang,…




%d blogger menyukai ini: