CARA MENENTUKAN BILANGAN KUANTUM

7 09 2011

Misal pada unsur

40Zr

 1. Buat dulu konfigurasi elektronnya

40Zr =  1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6 5s2 4d2

 2.  Keempat bilangan kuantum ditentukan dari konfigurasi elektron terakhir, yaitu 4d2

 3.  Karena Tingkat energi pada konfigurasi terakhir adalah 4, maka bil.kuantum utama (n) = 4

 4.  Karena konfigurasi berakhir di blok d, maka harga bilangan kuantum azimut (l) = 2  ( Jika berakhir di sub kulit s → l=0, p → l=1, d → l=2, f → l=3, dst..)

 5. Karena berakhir pada blok  d, maka jumlah orbital pada sub kulit d ada 5, yaitu dari –l, sampai dengan +l, termasuk 0, yaitu -2, -1, 0, +1, +2, dan karena jumlah elektron pada konfigurasi terakhir sebanyak 2, maka panah elektron diisi dari magnetik -2, dan -1, (yang lain kosong karena jumlah elektronnya hanya ada 2) maka harga bilangan kuantum magnetik (m) = – 1

 6. karena arah panahnya ke atas, maka harga bilangan kuantum spin (s) = +½

KESIMPULAN :  dari unsur 40Zr didapat  n = 4, l = 2, m = –1, s = +½

PERIODE didapat dari tingkat energi tertinggi pada konfigurasi elektron, yaitu 5 pada 5s2, sehingga 40Zr akan berada pada Periode 5.

 Sedangkan GOLONGAN, karena berakhir di blok d, maka pasti Golongan B, jumlah elektron pada 5s2 dan 4d2 kemudian di jumlah, yaitu 2 + 2 = 4 ditulis dengan angka romawi (IV), sehingga 40Zr akan berada pada Golongan IVB

 CATATAN UNTUK MENENTUKAN GOLONGAN :

Jika berakhir di sub kulit s atau p, maka golongan A,

Jika berakhir di sub kulit d, maka golongan B

Jika berakhir di sub kulit f, maka golongan lantanida / aktinida (jika periode 6 maka lantanida, dan jika periode 7 aktinida)

 

KESIMPULAN :

40Zr → Periode 5, Golongan IVB

Iklan

Aksi

Information

83 responses

2 10 2015
Zabrino Wahid Kal Alfin

Terima Kasih pak atas Sadaqah Jariyah nya :D, semoga bapak bertambah Pahalanya, Amin

6 09 2015
Shally

Makasih, akhirnya ngerti ^^

3 05 2015
Agung Izzul Haq

Makasih pak. Tapi seandainya diagram orbital disertakan, pasti penentuan nilai m dan s-nya jadi lebih jelas. 🙂

27 01 2015
Lucky

Aku bersyukur karena lewat blog ini aku sudah yakin ulangan akan bilangan kuantum! Makasih kak udah ngeshare! Oya kak mau tanya, klo misal yg Cr dan Cu itu nilai 3d dan 4snya itu stgh2 dr mereka ya kak?

4 01 2015
lelo

thx

5 12 2014
Anon

Makasih banyak pak. Dulu saya tidak mengerti bilangan kuantum, setelah saya berkunjung ke sini, saya jadi mengerti pol! Terimakasih pak esdi!

30 11 2014
desti s n p

makasih 😀
akhirnya ngerti juga 😀

13 11 2014
Kelvin Rio

Makasih infonya 😀

9 10 2014
Nanda

Terima Kasih

2 10 2014
Tya tia

terima kasih, sangat bermanfaat.

17 09 2014
sasti yulandari

agax bingunng sedikit sihh, tp akhirny jd ngerti,

mkchhh ya

7 09 2014
imam hanafi

wah mudeng nih ,di sekolah gak mudeng. eh ketemu blog ini langsung mudeng polll , trima kasih ya admin((:

19 03 2014
SP

Ilmu alam gak pernah basi yah , matek fisika kimia . walaupun pos

3 01 2014
Aldo

terimakasih Pak atas penjabaran cara menentukan bilangan kuantum kimia

14 12 2013
shoffatul

contohin dong masih bingung niii,,,hehehe

11 12 2013
kharisma

bukannya evnya itu 5s*2 ya pak mohon penjelasan kok bisa evnya itu 4d*2

16 11 2013
winahyu

terimakasih pak sangat membantu

29 10 2013
jess

Sangat membantu, hanya saja kurang bervariasi contoh soalnya…

22 10 2013
Aconk

kok saya masih kgk mudeng yah?
misalkan soal-nya kyk gini :
Berapakah nilai s yang diizinkan untuk elektron dengan nilai l = 1?
Cara jawab-nya gmna?
Terimakasih sebelumnya

9 12 2013
Dinda

2

17 10 2013
Ammar Rizki

Thanks a lot

15 10 2013
dilla

terimakasih artikelnya sangat membantu, ijin mengkopi.

13 10 2013
Putra mentos

Akhirnya mengerti juga.
Bener bermanfaat.

10 10 2013
anonymous

makasih banyak pak, artikel nya membantu banget

10 10 2013
Kevin

wah makasih banyak pak, saya jadi ngerti, apalagi besok UTS kimia wkwk

4 10 2013
fahima

makasih, , 🙂
saya jd ngerti.!




%d blogger menyukai ini: