EDUTAINMENT PROGRAM (EP)


Model Pembelajaran Pembangkit Motivasi Belajar Siswa

Model Pembelajaran Pembangkit Motivasi Belajar Siswa

Dalam proses belajar mengajar yang konvensional tradisional, penggunaan sumber pengajaran masih terbatas pada informasi yang diberikan oleh guru ditambah sedikit dari buku. Sedangkan sumber belajar lain yang dapat merangsang minat belajar siswa kurang mendapat perhatian, padahal sumber belajar banyak terdapat dimana-mana baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
Untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal, selain memperhatikan isi materi yang diajarkan, sumber belajar dan media pengajaran atau media instruksional juga akan mewarnai hasil belajar. Media pengajaran adalah suatu yang berisi pesan atau tujuan pengajaran. Pesan pengajaran tersebut disampaikan kepada siswa dapat dalam bentuk gambar, film, poster, audio tape dan sebagainya.
Berdasarkan pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, metode maupun teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukatif antara guru dan anak didik dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. Satu hal yang harus diingat adalah bahwa informasi yang harus disampaikan melalui media dalam bentuk isi maupun materi pengajaran tersebut harus dapat diterima oleh peserta didik.
a. Konsep Edutainment
Dalam melaksanakan pembelajaran maka guru haruslah memperhatikan isi materi yang diajarkan, sumber belajar dan media pengajaran atau media instruksional Media pembelajaran dapat berbentuk alat peraga, gambar, film, poster, audio tape, program berbantuan komputer, dan sebagainya.
Pada kegiatan belajar mengajar, tidak setiap pembelajaran dalam setiap situasi memerlukan penggunaan alat peraga berupa benda konkrit. Demikian juga penggunaan alat peraga tidak selalu diperlukan alat-alat yang seragam. Ada metode pembelajaran yang tidak menggunakan alat-alat pengajaran lebih dari bahasa lisan, alat tulis dan papan tulis, misalnya pada metode ceramah. Akan tetapi banyak pula kegiatan mengajar sekarang ini yang memerlukan kecakapan guru dalam mengembangkan dan menggunakan alat peraga.
Edutainment berasal dari kata Education dan Entertaint adalah Pembelajaran yang menyajikan gambar dan teks secara virtual berbantuan komputer layaknya siswa menyaksikan pemutaran film, namun disini akan dibuatkan interaksi sehingga siswa merasa dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran sampai mampu menggambarkan hal-hal yang abstrak. Hal ini dapat dimaknai sebagai pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dan menikmati proses pembelajaran dengan rileks, menyenangkan, bebas dari tekanan, baik fisik maupun psikis.

Untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran maka dapat dibuat alatperaga atau alat bantu belajar berbantuan komputer. Salah satu aplikasi yang cocok dengan adalah Macromedia Flash. Macromedia Flash adalah software yang banyak dipakai oleh desainer web karena mempunyai kemampuan yang lebih unggul dalam menampilkan multimedia, gabungan antara grafis, animasi, suara, serta interaktifitas user. Macromedia Flash merupakan sebuah program aplikasi standar authoring tool profesional yang digunakan untuk membuat animasi vektor dan bitmap yang sangat menakjubkan untuk membuat suatu situs web yang interaktif, menarik dan dinamis. Software ini berbasis animasi vektor yang dapat digunakan untuk menghasilkan animasi web, presentasi, game, film, maupun CD interaktif, CD pembelajaran. Interaksi user dalam movie flash menggunakan Actionscript. Actionscript adalah suatu bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dipakai dalam Macromedia Flash, baik Flash 8 maupun Flash versi sebelumnya.
Macromedia Flash 8 menyediakan fasilitas-fasilitas yang lebih banyak dan menarik yang akan membantu, mempermudah user dalam mempelajari atau menggunakan software ini dibandingkan dengan Flash versi sebelumnya. Animasi-animasi dapat dibuat dengan lebih sederhana, cepat dan lebih menarik menggunakan Flash. Dalam upaya membuat aplikasi pembelajaran berbantuan komputer berbasis Macromedia Flash, maka penulis membuat sebuah program presentasi yang selanjutnya disebut EDUTAINMENT PROGRAM.
Edutainment adalah Pembelajaran yang menyajikan gambar dan teks secara virtual berbantuan komputer layaknya siswa menyaksikan pemutaran film, namun disini akan dibuatkan interaksi sehingga siswa merasa dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran sampai mampu menggambarkan hal-hal yang abstrak. Dalam macromedia Flash dipergunakan layer dan scene secara bertumpuk untuk membentuk tampilan sedemikian rupa hingga menyerupai film (movie). Penulis juga menyertakan suara untuk memperjelas tulisan dan meningkatkan ingatan siswa pada saat belajar. Untuk mengintegrasi nilai-nilai budaya Kalimantan Tengah, maka penulis memasukkan Seni Musik Karungut sebagai Musik Pengantar pada tampilan antar muka Edutainment Program yang dapat di mute/on (mati/hidupkan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s