Sendal Hias Kain Perca

Sandal jepit biasanya hanya terbuat dari bahan karet polos biasa. Karena harga jualnya yang relatif murah dan bentuknya yang cukup sederhana, maka jarang sekali sandal jepit yang satu ini dibawa oleh pemiliknya ke tempat-tempat umum. Kemungkinan hanya digunakan sebagai alas kaki di dalam rumah saja.  Berikut adalah ide kreatif agar sandal jepit sederhana yang ada dirumah bisa menjadi lebih cantik dengan cara menambahkan kain perca dan memanfaatkan bahan yang ada tanpa beli sandal baru lagi.

Membuat Pola Tapak Atas Sendal Hias

Membuat Pola Tapak Atas Sendal Hias

Kain perca merupakan sisa kain yang sudah tidak dipakai lagi dalam proses selanjutnya atau dapat pula berupa kain usang dari pakaian lama yang sudah tidak terpakai. Dalam membuat kerajinan sendal hias dari kain perca ini diperlukan alat dan bahan sebagai berikut:

  1. Sendal Jepit

  2. Kain perca berbagai motif

  3. Gunting

  4. Kapur kain/spidol

  5. Lem tembak (gluegun)

  6. Pita Rambut/manik-manik

  7. Kancing Baju atau aksesoris kancing

  8. Jarum tangan dan benang

send-2

Langkah kerja dalam membuat kerajinan Sendal Hias Kain Perca adalah sebagai berikut:

  1. Buat Pola Tapak Sendal pada kain yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan mempergunakan kapur kain atau spidol, selanjutnya potong/gunting menurut pola yang sudah dibuat. Jangan lupa berilah lubang pada bagian tengah dan bagian kiri dan kanan belakang sendalsend-3

  2. Pola yang telah jadi kemudian direkatkan dengan mempergunakan gluegun (Hati-hati dalam penggunaan lem jenis yang satu ini karena jika terkena pada tangan akan terasa panas), kemudian tekan dan rapikan kain perca hingga dapat menutupi semua alas kaki bagian atas pada sandal jepit tadi, kecuali pada bagian tali jepitannya kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan sampai kering.

  3. Bagian tali sendal yang belum tertutup kain perca, kemudian dililitkan dengan kain perca sambil diberi lem tembak sampai seluruh permukaan tali sendal dapat tertutup. Rapikan bagian pinggir sendal dengan menambahkan pita atau aksesoris lain yang pantas. Umumnya Sandal hias dari sendal jepit ini dibuat untuk perempuan dan laki-laki, kalau untuk laki-laki tidak memilki banyak hiasan, sedangkan kalau untuk perempuan memiliki banyak renda-renda dan hiasan bunga pada sandal.