MENYETARAKAN REDOKS,….

21 10 2012

Pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia di kimia kelas 12 sering dirasa menjadi bahasan yang sulit. Sulit karena tidak memahami aturan main dalam penyetaraan reaksi redoks itu sendiri. Inti dari penyetaraan reaksi redoks sesungguhnya adalah menyamakan jumlah elektron yang dilepas dengan yang diterima.

Bagi yang sudah paham, sudah lihai, sudah hebat, sudah tidak perlu repot-repot karena sudah di kepala, jangan mencemooh yang memang kesulitan dan memerlukan tulisan ini. :) Mereka yang kesulitan mungkin karena kurang rajin, tidak maksimal usahanya dalam belajar, kurang berlatih, belum mau mencoba dan mencoba terus. Ayolah yakin semua pasti bisa kok.

Untuk metode setengah reaksi, beberapa buku punya cara atau langkah yang berbeda. Jangan sampai fanatik dengan sebuah prosedur saja, harus fleksibel. Di blog ini saya lebih menyarankan untuk menyetarakan reaksi redoks seperti pada tulisan ini.

Terlepas dengan cara-cara penyetaraan yang halal :) , banyak sekali soal-soal penyetaraan reaksi redoks yang ada di sma sudah ada jawaban, bahkan penyelesaiannya langkah demi langkah. MANFAATKAN INTERNET, dan GOOGLING. Cukup tulisan reaksi redoks yang akan disetarakan di kotak search google dan lihatlah, banyak sekali yang sudah membahasnya.

Saran saya ini sekedar untuk mengetahui hasil akhir dari persamaan redoks, bagaimana langkah demi langkahnya lakukan sendiri. Dengan begitu kita bisa semakin lincah, cekatan dalam mendapatkan solusi jitu, apalagi kalau sekedar menjawab soal reaksi redoks dengan model soal pilihan berganda. Saran saya juga kalau tidak mendapatkan jawaban silahkan manfaatkan aplikasi kecil di situs Webqc.org seperti yang saya pernah tulis sedikit di sini atau dengan yang di sini.

Atau kalau putus asa tidak mendapatkan penyelesaian, manfaatkan answer.yahoo.com. Cukup ketikkan “How to balance this redox reaction:” ditambah persamaan reaksi redoks yang hendak disetarakan. Sambil berdoa mengharap ada yang memberi jawaban atau solusi.

Referensi:

http://urip.wordpress.com (Ijin Copas)

 

 


Aksi

Information

9 responses

28 08 2015
widagdo
25 11 2014
krisnadwi

Hmmm webqc.org ya. Itu yang buat equation ya. Sip deeh

22 04 2014
winDy cie java

mkch ….”:D

22 04 2014
winDy cie java

thanks

18 12 2013
Materi Kimia Kelas XII IPA | Riska Nuraeni

[…] MENYETARAKAN REDOKS,…. […]

31 07 2013
Fendi haris

Mantappp,, itu jauh lebih mudah diketahui jika sudah ada Jalannya,, selebinya usaha kita,, hehe

11 06 2013
vivin rupika

makasih pak bahannya. 🙂

18 03 2013
fisikarudy

Pak Esdy yang saya banggakan, salam jumpa, mohon diinformasikan kepada siswanya ada Lomba MAding se-Kalteng, pendaftaran gratis berhadiah Gadget diadakan oleh Dinas Pendidikan Prov Kalimantan Tengah, info lengkap ada http://kalteng.siap.web.id/info-dinas/info-agenda/form-pendaftaran-mading/ daftar mulai 18-3-2013 sampai 29-3-2013, Aksesnya mulai pk 12.00 siang ini.
Terima Kasih, Dankee, Mercy Boucoup, Kamsiah, kamsahamnida

21 03 2013
'Esdi Pangganti'

trims, infonya Mr. Rudy